Teknik dan Cara Budidaya Ayam Birma yang Benar.

Teknik dan Cara Budidaya Ayam Birma yang Benar.

 Hello pecinta hobi ayam semua. kali ini saya bakal membagikan informasi berkenaan cara budidaya ayam birma yang benar. ternak ayam birma bisa dibilang kesusahan kesusahan gampang. asal tau caranya maka tidak bakal mengalami kesulitan. pada artikel ini udah saya sediakan Teknik dan Cara Budidaya Ayam Birma yang Benar. silahkan ada baca dan pelajari semoga bisa menunjang kamu yang waktu ini tengah memelihara dan memiliki rencana budidaya ayam birma.

Budidaya ayam birma terbilang cukup berlainan tekniknya bersama budidaya ayam pedaging, petelur maupun ayam kampung. Ayam birma atau disebut termasuk bersama ayam birma ini umumnya tidak dibudidayakan untuk dijual daging dan telurnya, melainkan dimanfaatkan sebagai ayam aduan atau ayam koleksi. 




Teknik dan Cara Budidaya Ayam Birma yang Benar.





Saat dibandingkan bersama ayam jenis lainnya, ayam birma punya tanda-tanda yang cukup mencolok. Ciri-ciri ayam birma di antaranya punya bobot 2 sampai 2,5 kg, wajahnya muncul tajam seakan membentuk garis lurus dikala diamati, ukuran kepalanya lebih kecil berasal dari ayam magon, ayam Vietnam, maupun ayam wiring kuning, ukuran telinganya lebih besar, paruh berukuran kecil, gelambir dibawah paruh, matanya melotot berikan kesan liar, jenggernya cenderung tegak, tulang kakinya lebih kecil dan tipis, dan warnanya lebih didominasi oleh warna abu-abu merah sampai coklat bersama bentuk bulu yang panjang dan tebal. 

Bagi para pecinta ayam, ayam birma menjadi primadona baik untuk dijadikan ayam aduan maupun hanyalah dipelihara untuk menaikkan koleksi. Sesuai bersama namanya, ayam ini berasal berasal dari negara Burma atau Myanmar. Ayam ini punya karakteristik yang unik agar banyak peminatnya. Selain harganya yang tinggi, para kolektor termasuk menyukainya.

Barangkali di Indonesia Ayam Birma bukanlah jenis ayam aduan yang asing,. Karena kini peredaran jenis ayam ini bisa dibulang hampir menyamai ayam bangkok,. Bahkan kepopuleran ayam asal Myanmar ini udah dikenal oleh para pecinta ayam aduan di Indonesia,.

Ternak ayam bisa menjadi bisnis yang potensial. Di waktu permohonan daging ayam meningkat layaknya waktu ini kesempatan bisnis peternakan ayam sangat menjanjikan. Untuk acara tertentu kesempatan bisnis ayam ini bakal mengimbuhkan keuntungan dua kali lipat. Oleh gara-gara itu bagi yang inginkan pendapatan tambahan bisa melirik bisnis ini. Setiap ayam punya teknik perawatan yang berlainan layaknya ayam kampung perawatannya berlainan bersama ayam petelur dan lain sebagainya.

Yang bakal dibahas kali ini adalah bagaimana cara memelihara ayam birma. Tentu bagi pecinta ayam udah tidak asing lagi bersama ayam ini. Ayam birma bukan untuk dikonsumsi namun dipelihara untuk bertarung. Badan ayam yang kokoh dan kuat menjadikan ayam ini sangat hebat dikala ditandingkan. Berikut ini adalah cara ternak ayam birma agar kuat berikut ini:

1. Mempersiapkan Kandang

Hampir sama bersama budidaya ayam jenis lainnya. Ayam birma dibudidayakan di di dalam kandang. Kandang yang digunakan sebaiknya tidak sangat sempit dan amat mungkin ayam birma untuk berjalan-jalan. Apabila punya lahan yang cukup luas, bisa bersama memicu kandang umbaran. Kandang umbaran ini lebih direkomendasikan untuk budidaya ayam birma. Karena ayam birma dibudidayakan bersama obyek menjadi ayam aduan, maka ayam harus bisa melatih kakinya secara teratur di tempat yang cukup luas.

Kandang umbaran ini termasuk amat mungkin ayam birma mendapat cahaya matahari pagi bersama cukup agar tulang kakinya lebih kuat bersama vitamin D berasal dari cahaya matahari.  Perlu diingat untuk senantiasa memelihara kebersihan kandang agar ayam birma tidak ringan diserang penyakit. 

2. Indukan Jantan yang Berkualitas

Selama ini ayam yang kerap ditarungkan dan kerap menang adalah indukan yang tepat. Agar ayam birma menjadi hebat indukannya pun harus hebat. Pilihlah indukan ayam jantan yang berkwalitas agar bisa menghasilkan telur yang berkualitas. Jika Anda inginkan bibitnya bisa pilih di peternakan ayam birma yang berkualitas. Di peternakan ayam berikut Anda harus pilih bibit ayam yang sehat dan termasuk berkualitas. Pilih bibit ayam yang kokoh dan tidak ada kecacatan di di dalam fisik ayam tersebut.

3. Pakan

Pemberian pakan harus dilaksanakan bersama tertib agar ayam bisa tumbuh bersama optimal dan punya postur yang bagus. Agar bisa membuatnya bertenaga, maka bantuan sarapan di pagi hari sangat harus diperhatikan. Latihan pun harus dilaksanakan agar ayam makin tangguh.

Ayam bakal menjadi tidak proporsional dan berat andaikata bantuan pakan berlebihan, sebaiknya bantuan pakan dilaksanakan secukupnya saja. Sesuai bersama ketentuannya.

4. Menjaga Asupan Makanan

Ayam yang sehat di dukung berasal dari bantuan makanan yang bergizi. Oleh gara-gara itu menyimak gizi ayam berikut jangan hanya asal kenyang saja. Untuk bisa mendapatkan ayam yang sehat berikanlah gizi yang sesuai layaknya energi, protein, lemak, air dan lain sebagainya. Jika Anda hanya inginkan menjadikan ayam birma sebagal koleksi tidak harus di vaksin, namun jika ayam digunakan sebagai aduan maka harus untuk dilaksanakan vaksin.

5. Memberi Pakan Bergizi

Pakan yang diberikan bisa berbentuk pakan pabrikan atau bekatul, nasi dan jagung. Pakan diberikan secara teratur secara tepat waktu. Frekuensi bantuan pakan bisa dilaksanakan 2 kali di dalam sehari. Jangan lupa untuk sediakan minum bagi ayam birma khususnya di kandang umbaran. Wadah untuk air minum pastikan diganti secara teratur tanpa tunggu kotor dulu agar tidak menjadi tempat bersarangnya bakteri, virus dan kuman yang bisa memicu penyakit pada ayam birma. 

Selain pakan dan minum, pembudidaya ayam birma termasuk harus mengimbuhkan vaksin khususnya pada ayam birma yang sebenarnya dibudidayakan bersama obyek sebagai ayam petarung. Vaksin bagi ayam birma petarung bisa memicu ayam menjadi lebih kuat dan sehat. Tapi jika hanya dimanfaatkan sebagai ayam koleksi, tidak diberi vaksin termasuk tidak apa-apa. 

Ayam birma membutuhkan asupan gizi tinggi agar bisa menjadi ayam petarung yang kuat. Pakan yang diberikan pasti saja tidak asal-asalan pakan yang asal kenyang. Melainkan termasuk harus punya kandungan nutrisi bagi ayam birma. 

6. Jaga Kebersihan Kandang

Kandang adalah tidak benar satu aspek yang harus diperhatikan dikala ternak ayam birma ini. Meski ayam ini tidak untuk dikonsumsi kebersihan kandang harus senantiasa Anda perhatikan.  Kandang yang terjaga kebersihannya bakal terbebas berasal dari virus dan bakteri yang bisa memicu ayam menjadi sakit. Ayam yang kuat adalah ayam yang sehat, agar jangan harap ayam bakal menjadi kuat jika kesehatannya tidak diperhatikan bersama baik.

7. Memandikan Ayam

Agar senantiasa terjaga dan senantiasa di dalam suasana bersih, ayam harus diberi asupan makanan dan vitamin. Ayam bakal menjadi fresh andaikata ia dimandikan sampai menggigil. Namun, jangan lupa untuk mengeringkan bulu-bulunya dan menjemurnya di bawah cahaya matahari agar kering.

8. Umbaran Area

Agar makin lincah jangan biarkan ayam berada di di dalam kandang terus menerus, oleh gara-gara itu diperlukan tempat umbaran yang bisa memicu ayam lebih lincah dan gesit. Area umbaran berikut sebaiknya termasuk terpapar bersama cahaya matahari khususnya waktu pagi hari agar tulang ayam bakal menjadi lebih kuat gara-gara senantiasa mendapatkan vitamin D.

9. Melatih Ayam Birma

Selain menyimak asupan makan dan perawatan lainnya, melatih ayam birma termasuk penting agar stamina ayam menjadi lebih kuat dan gerakannya lincah. Umumnya teknik bertarung yang digunakan oleh ayam birma adalah menggelengkan kepalanya waktu menyerang lawan. Selain itu, ayam birma termasuk kerap pakai teknik anti lock. Saat bertarung, ayam birma sangat jarang menyerang lawan bersama cara mematuk untuk mematikannya. Sehingga tidak heran andaikata ayam birma menjadi ayam petarung yang disukai. 

Karena ayam birma dibudidayakan sebagai ayam petarung, maka sejak dibudidayakan ayam birma udah harus dilatih bertarung. Latihan ini memiliki tujuan agar pembudidaya tau teknik layaknya apa yang kerap dilaksanakan ayam birma waktu menyerang lawan. 

10. Melakukan Lompatan

Latihan bisa terasa dilaksanakan dikala Anda selesai bersama bantuan pakan dan memelihara kebersihan ayam. Sepuluh kali lompatan bisa dilaksanakan pada inti latihan. Setiap minggunya frekuensi latihan bisa disempurnakan gara-gara bakal melatih tungkai kaki ayam menjadi lebih kuat. Tungkai kaki yang kuat sangat berguna dikala ayam tengah hadapi lawan di tempat pertandingan.

11. Telur Ayam Birma 

Telur ayam birma yang berwarna kehijauan ini hanya didapatkan berasal dari induk yang ori, bukan persilangan. Untuk itu, jika inginkan menghasilkan telur berwarna hijau ini, pastikan indukan jantan maupun indukan betinanya adalah asli jenis birma, bukan persilangan birma bersama jenis lainnya. 

Telur ayam birma bisa ditetaskan selanjutnya dibesarkan sebagai ayam birma dewasa, atau termasuk dijual. Tidak sedikit orang yang melacak telur ayam birma. Mengingat telur ayam birma ini punya keunikan berasal dari telur ayam pada umumnya. Yakni terletak pada warna cangkang telurnya yang kehijauan. Sehingga telur ayam birma warna hijau kerap dijual bersama harga yang jauh lebih mahal daripada telur ayam biasanya. 

Demikian penjelasan berkenaan cara budidaya ayam birma. Semoga informasi ini berguna dan bisa menjadi gagasan budidaya ayam birma yang tepat dan benar. Selamat mencoba!

 

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Teknik dan Cara Budidaya Ayam Birma yang Benar."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel